judul bergerak

Thursday, November 10, 2016

Optik : Fire Rainbow (Pelangi Api)

Definisi pelangi api atau nama lainnya circum horizon arc adalah sebuah fenomena optik yang dibentuk dari kristal es berwujud piring yang berada di sekitar awan yang melingkar. Bentuk munculnya pelangi api ini kelihatan besar,indah,dan tentu saja berwarna-warni seperti pelangi dan sejajar dengan cakrawala dengan pusatnya di bawah matahari. Warna merah adalah warna yang selalu berada di paling atas. Pelangi api sering kali terjadi ketika
awan membentuk lingkaran kecil dan hanya fragmen busur yang terlihat.
Fenomena pelangi api ini merupakan fenomena yang langka. Kejadian pelangi ini berawal dari lingkaran dibentuk oleh sinar matahari yang masuk berorientasi horisontal dengan kristal es heksagonal datar melalui sisi vertikal dan keluar dengan bentuk horisontal sehingga terjadi pelangi api tersebut. 
Fenomena “pelangi api” muncul ketika matahari sedang tinggi di langit (lebih dari 58` di atas cakrawala). Cahayanya kemudian melewati awan cirrus yg terdiri dari keping-keping kristal es heksagonal. Sinar matahari yang memasuki sisi vertikal kristal awan akan tertinggal di bagian bawahnya dan dibiaskan seperti ketika cahaya melalui prisma. Sinar ini lalu dipisahkan menjadi berbagai warna. Ketika keping kristal di awan cirrus selaras secara optimal atau sejajar dengan tanah, maka awan ini akan menampilkan proses pemecahan cahaya yang membentuk fenomena seperti pelangi.
Cahaya yang dibiaskan akan memperlihatkan suatu spektrum brilian dari warna-warna yang tampak cantik seperti pelangi berbentuk unik menyerupai nyala api sehingga dinamai “PELANGI API” atau “circumhorizon arch”.
Jadi bagaimana Pelangi Api Terbentuk? Melalui pengamatan dan studi, ahli meteorologi telah menemukan kondisi yang tepat yang dapat menimbulkan kebakaran pelangi atau CHM. Sebab jika pelangi api terbentuk, Matahari selalu berada tinggi di langit; sering diamati berada pada sudut elevasi dari 58 derajat atau lebih. Juga diperlukan adanya awan cirrus yang memiliki sejumlah besar, bentuk lempengan kristal es seperti yang dijelaskan di atas.
Penting juga posisi Anda untuk berada di lokasi yang tepat agar dapat melihat pelangi api. Sebuah fakta diketahui, bahwa pelangi api tidak akan terlihat pada posisi utara 55 derajat Lintang Utara atau Selatan dari 55 derajat Lintang Selatan.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Physics is fun

Physics is fun

Physics Education

Physics Education

Blogger templates